twitter


1. Identifikasi penyebab rendah diri & area kompetensi yg penting bagi diri.
Ini penting. untuk menjawab apakah rasa ini karena prestasi belajar yg rendah? karena konflik keluarga? kemampuan sosial lemah? Murid punya harga diri tinggi ketika mereka bisa kompeten & sukses dalam melakukan sesuatu di area yg mereka anggap penting.jadi, cari tahu dari murid yg rendah diri area kompetensi apa yg mereka anggap penting. Dalam riset Susan Harter (1990. 1996, 1999) penampilan fisik & penerimaan sosial teman sekelas lebih penting bagi rasa harga diri remaja ketimbang penerimaan sosial dari guru. Meski demikian, guru masih memainkan peran yg penting dalam meningkatkan rasa harga diri remaja yg orang tuanya tdk peduli.

2. Beri dukungan emosional & penerimaan sosial.
Dukungan orang tua maupun teman sebaya akan memengaruhi perasaan remaja dalam memandang martabat dirinya (Robinson, 1995).

3. Bantu anak mencapai tujuan atau berprestasi.
Prestasi bisa meningkatkan perasaan harga diri. Pengajaran atau kursus keterampilan akademik secara langsung atau bisa menaikkan prestasi anak, sehinggabisa menaikkan rasa harga diri mereka.

4. Kembangkan keterampilan mengatasi masalah.
ketika anak menghadapi problem & bisa mengatasinya, bukan menghindarinya, maka rasa harga dirinya akan naik. Murid yg mau mengatasi masalah kemungkinan akan menghadapi problem secara realistis, jujur, & nondefensif. ini menghasilkan pemikiran positif tentang diri mereka sendiri yg akibatnya bisa meningkatkan perasaan harga dirinya.

(Bednar, Wells & Peterson, 1995; Harter, 1999) dalam Santrock, 2008 : 114

0 komentar: